10 Manfaat Yoghurt Yang Baik Untuk Memelihara Kesehatan

Manfaat yoghurt untuk kesehatan, manfaat yoghurt untuk wajah, manfaat yoghurt untuk diet, yoghurt, yoghurt garnier, yoghurt sleeping mask
Sumber gambar: hallosehat.com
Dibalik rasa asamnya yang nikmat dan menyegarkan, ternyata yoghurt mempunyai banyak manfaat yang baik untuk tubuh, baik untuk kesehatan maupun kecantikan.

Bagi kamu yang belum mengetahuinya, berikut akan saya sampaikan informasi untuk kamu mengenai beberapa khasiat dan manfaat yoghurt yang baik untuk kesehatan dan perawatan tubuh. Simak penjelasan dibawah ini,



1. Menstabilkan tekanan darah

Kalium tinggi yang terkandung dalam yoghurt berfungsi menyeimbangkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung. Penelitian Alvaro Alonso dari Havard School of Public Health membuktikan risiko darah tinggi dapat ditekan hingga 50 persen dengan menyantap 3 porsi yoghurt setiap hari.

Hal ini karena kalium juga berperan menurunkan kadar natrium yang dapat meningkatkan tekanan darah. Natrium biasanya ditemukan pada makanan tinggi garam.

2. Melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan usus

Yoghurt mengandung probiotik atau bakteri baik seperti lactobacillus acidophilus dan bifidobacterium. Bakteri ini berfungsi mengatasi bakteri H. pyloru penyebab infeksi pencernaan di dalam usus serta lambung. Oleh karena itu, yoghurt efektif meredakan berbagai masalah pencernaan seperti sembelit, perut kembung dan diare.

3. Meningkatkan fungsi otak

Selain menyehatkan fungsi pencernaan, probiotik yang terkandung dalam yoghurt ternyata juga bisa meningkatkan fungsi kognitif dan suasana hati lho. Penelitian University of California, Los Angeles, mengemukakan kalau yoghurt menjadi makanan tinggi kalium, yakni salah satu mineral untuk menjaga kesehatan syaraf.

4. Memperkuat tulang

Karena terbuat dari fermentasi susu, yoghurt juga mengandung kalsium yang cukup untuk memelihara kesehatan tulang dan gigi. Vitamin D yang terkandung dalam yoghurt juga membantu tubuh menyerap kalsium lebih baik.

Selain itu, riset Marmara University juga mengemukakan kalau yoghurt tidak mengikis lapisan email gigi. Kandungan asam laktat pada yoghurt justru dapat melindungi gusi dari infeksi.

5. Sumber protein yang baik

Diantara jenis yoghurt lainnya, Greek yoghurt mengandung protein paling tinggi, yakni 15-20 gram protein setiap 6 ons yoghurt. Jumlah protein ini bahkan setara dengan 3 ons daging tanpa lemak. Sedangkan, yoghurt biasanya menghasilkan hanya 9 gram protein.

6. Sumber vitamin dan mineral

Vitamin dan mineral dalam yoghurt cukup seimbang. Diantaranya adalah vitamin D, vitamin B kompleks, kalium, foafor, zinc, magnesium, kalsium, selenium, dan zat besi. Selain kalium, vitamin B12 dalam yoghurt pun berfungsi melindungi kesehatan jantung.

7. Meningkatkan sistem imun

Sistem imun tubuh dapat meningkat dengan mengonsumsi sekitar 400 gram yoghurt setiap hari. Nilai gizi penting dalam yoghurt dapat meningkatkan produksi sel T, yakni salah satu sel darah putih di dalam tubuh yang berfungsi untuk melawan penyakit.

8. Menjaga berat badan

Mengonsumsi yoghurt juga bisa jadi alternarif cemilan saat kamu sedang menjalani program diet. Karena yoghurt mengenyangkan, rendah kalori , dan tinggi protein. Kandungan protein, kalsium, dan probiotik dalam yoghurt bisa memicu produksi hormon antilapar, seperti GLP-1 dan peptide YY. Sehingga, nafsu makan dapat ditekan dan rasa kenyangpun bisa bertahan lebih lama.

9. Bikin tidur lebih nyenyak

Mengonsumsi yoghurt juga bisa memperbaiki kualitas tidurmu lho. Alasannya, karena yoghurt mengandung zat tryptophan yang dapat memicu hormon serotonin dan melatonin, yakni salah satu hormon yang dapat membuatmu lebih lebih rileks.

10. Menghilangkan bau mulut

Seorang dokter spesialis pencernaan dari Lenox Hill Hospital, New York City, bernama Robert Meltzer mengemukakan probiotik dalam yoghurt dapat menetralkan asam di tenggorokan belakang dan kerongkongan.


Itulah beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan jika mengonsumsi yoghurt secara rutin. Yang perlu kamu ingat, hindari yoghurt dengan kandungan tinggi gula yang justru bisa menghilangkan manfaatnya.

No comments for "10 Manfaat Yoghurt Yang Baik Untuk Memelihara Kesehatan"