5 Cara Sederhana Mengatasi Bau Tak Sedap Jempol Kaki

Foto : fimela.com
Karena aktivitas sehari-hari yang padat, biasanya hampir sebagian besar orang terjangkit bau tak sedap jempol kaki. Meski sudah menjaga kebersihan kaki dan sepatu dengan baik, terkadang masalah bau tak sedap tersebut memang sulit dihindarkan.

Kalau sudah begitu, bukan hanya membuat ridak nyaman pada diri sendiri, namun orang-orang disekililing pun juga ikut kebagian aroma tersebut. Bagi kamu yang mengalami masalah aroma tak sedap jempol kaki, berikut ada 5 cara untuk mengatasinya.



1. Rendam Dengan Berbagai Bahan Penghilang Bau

Foto : hipwee.com
Cara paling umum yang dilakukan banyak orang untuk mengusir bau tak sesap jempol kaki adalah dengan merendamnya dengan beberapa campuran bahan penghilang bau. Ada banyak campuran rendaman yang berkhasiat untuk mengurangi bau tak sedap jempol kaki, seperti air lemon, air garam, air cuka, air baking soda dan masih banyak lagi.

Kamu tinggal pilih salah satu bahan campuran yang sekiranya sesuai dengan jenis kulit. Dengan begitu, kamu bisa mengusir bau menyengat yang mengganggu indera penciuman tersebut.

2. Konsumsi Makanan Yang Mengandung Magnesium

Foto : hallosehat.com
Selain menghindari makanan junk food, kafein dan alkohol, kamu perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung magnesium. Pada dasarnya, fungsi magnesium sendiri mampu mengendalikan produksi keringat yang berlebih sehingga mengurangi aroma tak sedap yang dihasilkan dari jempol kaki. Makanan yang memiliki kandungan magnesium diantaranya adalah cokelat, pisang, alpukat, sayuran berwarna hijau pekat, dan tahu.

3. Campuran Kopi Dengan Minyak Kelapa

Foto : pixabay.com
Selain menggunakan campuran dari berbagai bahan dan mengkonsumsi makanan mengandung magnesium, kamu juga bisa membuat scrub buatan sendiri dengan menggunakan campuran kopi dan minyak kelapa. Campuran dari kedua bahan tersebut, dipercaya ampuh dalam mengatasi bau tak sedap jempol kaki. Caranya, cukup oleskan saja pada permukaan kaki dan diamkan beberapa saat sebelum beraktivitas.

4. Jangan Memotong Kuku Terlalu Sering dan Dalam

Foto : hallosehat.com
Perlu kamu ingat nih, jangan terlalu sering memotong kuku jempol hingga terlalu dalam hingga bagian pinggir, begitupun dengan kuku jari lainnya. Memotong kuku terlalu dalam akan membuat daging disekitar kuku tumbuh keatas hingga menutupi jalan tumbuhnya kuku. Saat kuku mulai tumbuh dikemudian hari, kuku akan memaksa masuk ke daging yang menutupi jalannya. Sehingga akan menimbulkan luka yang menghasilkan aroma bau tak sedap.

5. Pilih Sepatu dan Kaos Kaki yang Memiliki Sirkulasi Udara yang Baik

Foto : daftarhargaspesifikasi.id
Jika kamu bermasalah dengan bau kaki yang tidak sedap, sebaiknya jangan sekali-kali menggunakan sepatu dan kaos kaki super ketat jika tak ingin jempol kaki mu mengeluarkan aroma tak sedap! Untuk membantu mengatasi bau tak sedap jempol kaki, usahakan untuk menggunakan sepatu dan kaos kaki yang memiliki sirkulasi udara yang baik.


Dengan menerapkan tips dan cara sederhana diatas, orang-orang disekelilingmu gak akan ilfil dengan mu karena aroma jempol kaki yang tak sedap. Tetap jaga kebersihan dan kesehatan seluruh anggota tubuh hingga ke bagian terkecil ya!

No comments for "5 Cara Sederhana Mengatasi Bau Tak Sedap Jempol Kaki"