5 Ikan Air Tawar Yang Ganas, Buas, Bahkan Mematikan, Berani Pelihara?

Alihator gar, aligator gar fish, aligator gar spatula, aligator gar aquarium, ikan air tawar, predator air tawar, ikan hias, ikan hias predator
Foto : tahupedia.com
Hewan buas dan ganas biasanya hanya terkenal di daratan atau di lautan, seperti singa, macan, hiu, dan lainnya. Banyak yang tidak mengira bahwa ikan-ikan air tawar juga ada beberapa yang buasnya mematikan. Seperti 5 ikan air tawar di bawah ini;



1. Goliath Tigerfish

Goliath tigerfish, ikan buas, ikan air tawar, predator air tawar
Foto : animalplanet.com
Goliath Tigerfish adalah ikan air tawar yang berbahaya yang bisa kamu temukan sungai dan danau di Afrika. Ikan ini terkenal sangat buas dalam memburu mangsanya. Goliath Tigerfish atau juga dikenal dengan nama Giant Tigerfish merupakan anggota terbesar dari keluarga ikan tigerfish.

Goliath Tigerfish berasal dari Dana Tanganyika, Sungai Kongo, Danau Upemba, dan Sungai Lualaba di Afrika. Ukuran terbesar ikan ini yang pernah tercatat memiliki panjang hingga 1,53 meter dan berat 70 kg.

2. Aligator Gar

Alihator gar, aligator gar fish, aligator gar spatula, aligator gar aquarium, ikan air tawar, predator air tawar, ikan hias, ikan hias predator
Foto : zoochat.com
Aligator Gar adalah sejenis ikan air tawar yang berasal dari Sungai Amazon. Ikan ini memiliki bentuk yang menyeramkan, mulutnya moncong seperti buaya serta giginya tajam dan runcing.

Ikan ini termasuk ikan karnivora dan juga sangat rakus yang mana memiliki perbandingan bobot dan makan 1:10. Ikan Aligator Gar terbesar yang pernah ditangkap oleh Paul Morris memiliki berat 104 kg.

Walaupun ikan ini sangat buas, rakus, dan juga berbahaya, namun faktanya ikan ini juga sering dijadikan sebagai ikan hias. Tentu saja yang memelihara itu orang-orang tertentu yakni para pecinta ikan hias predator.

3. Ikan Payara

Ikan payara, ikan vampir, payara fish, vampir fish, ikan buas, ikan air tawar, predator air tawar
Foto : infoikan.com
Ikan Payara merupakan ikan predator yang berasal dari Amerika Selatan. Ikan ini unik, karena mempunyai gigi taring yang membuatnya menyandang julukan sebagai Ikan Vampir atau Vampir Fish. Ukuran Ikan Payara Armatus dewasa bisa mencapai kurang lebih 1 meter.

4. Piranha

Ikan piranha, ikan buas, ikan air tawar, predator air tawar, piranha, sungai, amazon, sungai amazon
Foto : newatlas.com
Piranha adalah ikanaor tawar omnivora yang hidup di sungai-sungai di Amerika Selatan. Di sungai-sungai Venezuela mereka disebut caribes. Mereka terkenal dengan gigi-gigi tajamnya dan dengan hidup berkelompok yang mampu menghabiskan mangsanya hanya dengan hitungan detik saja, walaupun mangsanya memiliki ukuran lebih besar.

5. Belut Listrik

Belut listrik, ikan air tawar
Foto : indonesiaone.org
Belut listrik atau sidat listrik adalah sejenis ikan air tawar yang mampu menghasilkan aliran listrik yang sangat kuat untuk berburu dan membela diri. Aliran listrik yang mampu dihasilkan bisa mencapai 650 volt.

Walaupun sering disebut sidat atau belut, sebenarnya ikan ini termasuk anggota ordo gymnotiformes, yang tidak mencakup keduanya. Belut listrik biasa ditemukan di Sungai Amazon dan Sungai Orinoko serta daerah-daerah di sekitarnya. Ikan ini bisa tumbuh hingga panjang 2,5 meter dan berat 20 kg. Walaupun biasanya ukuran rata-rata adalah 1 meter.

No comments for "5 Ikan Air Tawar Yang Ganas, Buas, Bahkan Mematikan, Berani Pelihara?"